MOBIL super sport Lamborghini V12 terbaru yang akan tampil di Geneva Motor Show mendatang, akan mengusung konsep suspensi inovatif dan sangat canggih. Suspensi yang menggunakan konsep pushrod spring and damper tersebut terinspirasi dari mobil Formula 1.
Spoiler for Gambar:
Dengan suspensi double wishbone berbahan aluminium serta rem karbon keramik dan sasis ringan merupakan bagian dari elemen konsep teknologi unik Lamborghini pada model unggulan mereka dalam upaya mendapatkan feeling berkendara yang akurat dan tajam, setajam pisau silet.
Dengan mesin fenomenal bertenaga 700 hp dan bobotnya yang ringan, kendaraan bermesin V12 tersebut tentunya mampu melesat spontan pada kecepatan tinggi. Dalam hal ini, suspensi memegang peranan untuk meningkatkan daya cengkram kendaraan ke permukaan aspal.
Suspensi canggih ini memiliki komponen pegas dan peredam yang tidak lagi terpasang di pegangan roda, tetapi terhubung dengan struktur bodyshell kendaraan dengan posisi nyaris horizontal transversal, di bawah kaca belakang, dekat dengan mesin di bagian buritan.
Komponen pushrod alias batang penekan dan tuas penerus kemudian menyalurkan gerakan dari roda ke komponen pegas dan peredam. Solusi ini menawarkan sederet manfaat yang mengesankan.
Berkat kombinasi suspensi sistem double wishbone dan pushrod tersebut, antara kontrol roda dan peredaman menjadi terpisah satu sama lain sehingga meningkatkan respons handling yang membuatnya mudah dikendalikan di semua tingkat kecepatan, sementara sasisnya yang rigid juga meningkatkan keakuratan dan reaksi spontan pada pegas dan peredam.
Di poros depan, bagian peredam yang akrab disebut shock absorber, dibekali sistim hidrolis yang dapat mengangkat bagian depan kendaraan setinggi 40 milimeter lewat sentuhan pada sebuah tombol. Gunanya agar dapat melaju di jalan dengan rintangan kecil seperti speed trap (polisi tidur).
Aluminium dan serat karbon juga merupakan material penting dalam memangkas bobot pada bagian sasis. Seluruh sistem suspensinya, seperti upper dan lower control arm, pegangan roda dan tuas penerus terbuat dari aluminium alloy tempa.
Cakram rem berdiameter besarnya terbuat dari material yang sangat keras dan ringan yaitu bahan campuran karbon keramik. Rem depan menggunakan model cakram berventilasi dengan diameternya tak kurang dari 400 milimeter, sementara bagian belakang berdiameter 380 milimeter.
Cakram-cakram tersebut dijepit oleh kaliper 6 piston dibagian depan dan 4 kaliper piston di bagian belakang. Untuk varian model teratasnya menggunakan sistem rem parkir bertenaga listrik.
Sistem setir hidrolis pada Lamborghini V12 terbaru dapat membangkitkan hubungan bersensitivitas tinggi antara pengemudi dan kendaraan. Sementara untuk menghubungkan kendaraan dengan permukaan aspal, diwakili oleh ban berukuran 19 inci berdimensi 255/35 di bagian depan dan roda berdiameter 20 inci yang dibalut ban berdimensi 335/30 di bagian belakangnya.
Steering gear-nya menyajikan 3 karakter berbeda berkat fitur servotronic characteristic yang diatur oleh pilihan mode pengendaraan. (OL-07)
Ini ane tambahin video perakitan mesinnya gan...moga2 suka
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6794960