Pages

ARTIKEL Menarik Lainnya

Thursday, October 13, 2011

HATI-HATI, Pengharum Ruangan

Waspadai Bahaya Pengharum Ruangan



Apa yang Anda lakukan saat ruangan Anda beraroma tidak sedap? Sudah pasti selain membuka semua fentilasi udara selain jendela atau pintu, Anda juga akan menyemprotkan pengharum ruangan untuk menyegarkan ruangan.


Tapi tahukan Anda jika pengharum ruangan menimbulkan dampak tidak baik untuk kesehatan?


Di pasaran banyak dijual berbagai macam jenis pengharum ruangan. Mulai yang berbentuk padat, cair, gel, sampai bentuk semprotan. Cara pengunaannya pun bermacam-macam, ada yang digantung atau diletakan begitu saja di muka AC maupun kipas angin. Tapi apakah selama ini kita sadar, bahwa pengunaan pengharum ruangan juga bisa meracuni udara yang kita hirup?



Bahaya pengharum ruangan umumnya tergantung pada jenis/bentuknya maupun pewangi dan komponen-komponen kimia aktif yang terkandung di dalamnya, disamping faktor pengaruh lain, seperti jalur paparannya. Dari segi bentuk, sediaan yang mudah menguap (aerosol) lebih berisiko bagi tubuh, terutama jika terjadi kontak langsung melalui sistem pernapasan. Namun demikian kontak yang terjadi melalui kulit pun bukan tak berisiko mengingat zat pewangi akan begitu mudah memasuki tubuh.




Di lansir dari American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine yang menyebutkan, peggunaan pengharum ruangan dalam bentuk semprotan sangat meningkatkan resiko serangan asma.


Riset yang dilakukan Natural Resources Defense Council (NRDC) Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa pengharum ruangan yang berbahan sintesis justru mengandung bahan kimia berbahaya.


Untuk membuktikan kebenarannya, NRDC melakukan beberapa pengujian pada 14 jenis produk pengharum ruangan, termasuk yang berlabel ‘Terbuat dari bahan alami’. Pada riset tersebut, ternyata ditemukan hampir dari sebagian produk yang mengandung phthalate, yaitu sejenis bahan sintetis yang dapat menyebabkan asma, gangguan pernapasan, ganguan endokrin dan masalah kesehatan lainnya. Produk pengharum ruangan juga sangat berbahaya bagi bayi dan anak-anak.





http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3759336

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

DAFTAR ISI